Kamis, 24 Oktober 2013

Harapan Hati


“Memberikan yang terbaik” Mungkin ungkapan itu tak asing lagi untuk didengar. Akan tetapi, apakah ungkapan tersebut sesuai dengan apa yang kita khotbahkan? Apakah justru membuat wadah yang kita bentuk ini menjadi semakin tak nyaman buat orang lain yang mempunyai keinginan yang benar-benar tulus ingin memberikan pemikiran dan tenaganya.

                Sebenarnya, untuk melaksanakan keinginan hati nurani tersebut tidaklah susah, hanya saja sudah cukupkah keberanian dalam diri yang membendung keinginan untuk mencari keuntungan pribadi? Jawabannya tentu anda sendiri yang mengetahuinya. J

                Keberanian dalam diri, adalah salah satu penunjang pokok yang menggerakkan roda keinginan tersebut. Dalam hal ini, prilaku kejujuran yang diterapkan seorang karate-ka dan salah satu pasal yang terkandung dalam “Pedoman Karate  KKI”  sangatlah penting keberadaannya. Harapan yang tercermin dari keinginan hidup damai dari setiap manusia adalah dengan menerapkan kesepuluh pedoman itu ke dalam kehidupan sehari-hari (bermasyarakat) dengan sungguh, tidak ada tipu-tipu untuk sebuah kejujuran hati.

Akan tetapi, semua itu kadang berbanding terbalik ketika kita menengok kenyataan dalam suatu organisasi yang kita terjuni. Sedangkan, sebuah organisasi itu dibentuk dalam arti, langkah, atau lambang dari pemikiran sebuah pedoman hidup yang utuh. Langkah awal, organisasi itu bediri bukan untuk mencari keuntungan pribadi, tetapi untuk menyebarkan polafikir, disiplin keilmuan yang tulus, dan dapat membela diri kita dalam pertanggungjawaban akhira nanti.



Dan pada intinya membangun organisasi itu, adalah memberikan sebuah pengertian, yang dapat menata kehidupan bermasyarakat di dunia, dan kehidupan akhirat kita kelak. Semoga, keberadaan artikel ini, dapat membawa kita kepada sebuah kesadaran berorganisasi, kesantunan dalam bersosialisasi, dan kemurnian hati untuk memajukan pemikiran masyarakat kita. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar